Hidup Sehat Di Tengah Kesibukan, Kenapa Tidak?

Artikel kali ini akan membahas mengenai menu makan sehat yang cocok bagi orang yang super sibuk. Mungkin beberapa dari Anda yang memiliki jam kerja sangat tinggi bahkan untuk makan pun sampai lupa. Padahal makanan sangat penting sebagai asupan energi sekaligus dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Selain itu, ternyata makanan juga memiliki hubungan dan pengaruh terhadap mood atau kondisi perasaan seseorang.

Mungkin ada orang yang sebentar-sebentar merasakan lapar sehingga terus membutuhkan asupan makan. Makanan yang dikonsumsi pun saat ini bukan hanya harus sehat tetapi juga harus bervariasi dan dilengkapi dengan aktivitas fisik yang teratur. Hal tersebut sudah dijelaskan dalam Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia sebagai pengganti istilah empat sehat lima sempurna.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Asupan Makan Pada Manusia

Asupan makan atau pola makan seorang individu dipengaruhi oleh beberapa faktor yang bisa berbeda tiap individunya. Meskipun Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mengeluarkan Pedoman Gizi Seimbang, namun tidak semua individu mampu untuk memenuhi dan melaksanakannya. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu :

  • Faktor Ekonomi

Tingkat pendapatan individu maupun keluarga masih menjadi akar masalah terjadinya kekurangan status gizi. Pendapatan akan mempengaruhi kemampuan daya beri seorang individu akan makanan yang sehat dan bergizi. Daya beli terhadap makanan bergizi yang rendah, akan mempengaruhi pula pada variasi makanannya.

  • Faktor Budaya

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan tradisi. Secara tidak langsung, budaya ini dapat mempengaruhi pola makan. Misalnya pada budaya tertentu terdapat mitos dan pantangan untuk memakan suatu zat makanan. Padahal menurut ilmu pengetahuan dan hasil penelitian, makanan yang dipantang tersebut merupakan makanan yang kaya akan zat gizi yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia.

  • Faktor Sosial

Manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan pasti memerlukan bantuan dari orang lain. Hal ini ternyata dapat mempengaruhi pola makan dan asupan gizi seseorang. Misalnya pada suatu keluarga yang masih menganut paham patriarki (kekuasaan dan keputusan ada di tangan ayah), saat hendak makan ayah akan menjadi orang pertama yang harus mengambil makanan. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh lingkungan sosial di sekitar rumah yang mendorong terbentuknya kebiasaan seperti itu yang tanpa disadari juga bisa mempengaruhi status gizi.

Tips Makan Sehat Bagi Anda Yang Super Sibuk

Makan merupakan suatu kewajiban dan kebutuhan bagi manusia, makanan berfungsi untuk menjaga panas atau kalor dalam tubuh sehingga bisa bekerja atau melakukan aktivitas secara optimal. Sesibuk apa pun Anda, tubuh tetap memerlukan adanya asupan baik makanan maupun minuman. Mungkin ada di antara Anda yang memiliki jadwal kegiatan sangat padat hingga lupa waktu untuk makan. Jika hal tersebut dibiarkan secara terus-menerus, tubuh Anda akan jadi terbiasa untuk tidak menerima asupan makanan. Apabila hal tersebut terus dibiarkan tentunya akan membuat tubuh menjadi tidak normal dan sakit karena tidak ada asupan energi yang bisa digunakan oleh organ tubuh untuk bekerja. Oleh karena itu, bagi Anda yang super sibuk perlu melakukan tips makan sehat walau sesibuk apa pun Anda seperti dijelaskan pada uraian berikut ini.

  • Jangan Pernah Melupakan Sarapan

Pagi hari merupakan awal dari segala aktivitas dan bisa jadi penentu mood atau perasaan Anda. Sarapan menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan karena secara tidak langsung sarapan akan mempengaruhi mood Anda. Mungkin beberapa dari Anda yang merasa tidak enak perut atau ingin BAB setelah sarapan, namun percayalah hal tersebut sebenarnya dipengaruhi oleh sugesti otak. Karena apa pun yang terjadi sarapan merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan sebagai asupan energi awal untuk memulai aktivitas.

  • Konsumsi Makanan yang Tinggi Serat

Makanan yang sehat sebenarnya tidak melulu harus berkaitan dengan nasi. Budaya masyarakat Indonesia biasanya merasa belum makan apabila belum memakan nasi merupakan sesuatu yang agak keliru. Banyak sumber karbohidrat lain yang sebenarnya bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan makanan yang sehat. Konsumsi sayur dan buah menjadi salah satu hal penting yang harus Anda lakukan setiap hari agar tubuh tercukupi kebutuhan seratnya.

  • Batasi Konsumsi Junk Food

Junk food merupakan sebutan lain makanan cepat saji atau fast food. Makanan ini biasanya mengandung banyak sekali kalori dan lemak dan pada umumnya menu yang ditawarkan merupakan makanan yang digoreng. Bagi Anda yang super sibuk usahakan batasi konsumsi junk food karena bisa membuat kekenyangan dan malah menurunkan produktivitas tubuh Anda karena adanya kalori berlebih yang masuk ke dalam tubuh.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Air putih ibarat penawar dan pembersih dalam tubuh manusia. Air putih seperti namanya tidak memiliki warna dan banyak sekali khasiat yang bisa dirasakan oleh tubuh apabila rutin konsumsi air putih. Orang yang super sibuk pun tidak boleh melupakan dua liter atau delapan gelas air putih setiap harinya. Hal ini akan membantu tubuh Anda untuk menjaga cairan tubuh karena tubuh manusia juga banyak disusun oleh cairan.

  • Kurangi Penggunaan Minyak

Makanan yang diproses dengan cara digoreng umumnya memiliki tampilan yang lebih menarik. Tapi bagi Anda yang super sibuk usahakan makan makanan yang diproses dengan cara lain seperti direbus maupun dipanggang. Orang yang super sibuk biasanya tidak sempat untuk berolahraga hal ini dapat diperparah bila banyak mengonsumsi gorengan karena bisa terjadi penumpukan lemak dan kolesterol.

  • Kurangi Konsumsi Alkohol

Indonesia memiliki iklim tropis sehingga kurang cocok apabila meminum alkohol yang dapat menimbulkan efek hangat pada tubuh. Apalagi bagi Anda yang super sibuk, alkohol justru akan memperparah keadaan tubuh Anda yang telah lelah bekerja atau melakukan aktivitas. Oleh karena itu mengurangi atau bahkan tidak mengonsumsi alkohol menjadi salah satu hal bijak yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan di tengah kesibukan.

  • Pastikan Anda Makan Tepat Waktu dan Teratur

Otak manusia memiliki sistem yang bisa mengatur rasa lapar. Walaupun Anda merupakan orang yang super sibuk, mengatur waktu makan menjadi salah satu tips agar tubuh Anda tetap sehat. Waktu makan yang teratur akan membuat otak bekerja dengan optimal dan menyimpan memori waktu makan tersebut sehingga Anda akan memiliki waktu lapar yang terjadwal.