Sayangi Dan Lindungi Otak Mulai Dari Sekarang

Artikel kali ini akan membahas mengenai kesehatan otak sebagai sistem saraf pusat yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Otak merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam proses kehidupan manusia. Otak tersusun atas milyaran atau bahkan lebih sel otak yang saling bekerja sama untuk mengolah impuls atau rangsangan menjadi sebuah respons yang umumnya disampaikan ke otot. Otak termasuk anggota atau organ tubuh yang bekerja secara tidak sadar, lain halnya dengan tangan maupun kaki yang pergerakannya sangat dirasakan oleh tubuh manusia. Kelainan atau penyakit pada otak dapat menyebabkan terganggunya fungsi tubuh yang lain dalam menerima respons. Oleh karena itu, sangat penting bagi manusia termasuk Anda untuk selalu menjaga kesehatan otak.

Apa Sajakkah Fungsi Dari Otak Manusia?

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang diciptakan oleh Tuhan dengan sempurna dibandingkan dengan makhluk lain. Mengapa demikian? Apa definisi dari kata sempurna yang disematkan pada manusia? Kemampuan untuk berpikir menjadi salah satu hal yang mampu membedakan manusia dengan makhluk hidup jenis yang lain. Lalu organ manakah yang berfungsi untuk proses berpikir? Otak merupakan organ yang bertanggungjawab dalam proses berpikir. Saat berpikir semua impuls akan dikirim ke saraf-saraf otak dan terjadi transmisi impuls yang harus melewati sinaps-sinaps. Jarak antar sinaps akan mempengaruhi kecepatan dalam berpikir, ibaratkan manusia yang hendak melewati lubang atau jurang. Lalu apa lagikah fungsi dari otak? Simak ulasan berikut ini!

  • Otak Besar

Otak manusia disusun atas beberapa bagian yang memiliki fungsi khususnya masing-masing. Salah satu bagian dari otak yaitu otak besar yang ternyata tidak terdapat pada otak binatang. Bagian otak besar ini dapat menjadi pembeda antara otak manusia dan otak binatang. Terdapat banyak fungsi dari otak besar yaitu dalam visual atau penglihatan, kemampuan berbahasa, kemampuan untuk berpikir, mengatur kesadaran, melakukan analisa dan perencanaan, berpikir dengan logika, serta kemampuan untuk mengingat atau adanya memori. Banyaknya fungsi yang dapat dijalankan oleh otak besar ini, membuat otak besar menjadi komponen penting yang tidak dapat dibayangkan apabila terjadi kelainan atau kerusakan.

  • Otak Bagian Tengah

Bagian penyusun otak selanjutnya yaitu otak tengah yang memiliki fungsi yang tidak kalah penting dengan otak besar. Bagaimana tidak penting, otak tengah memiliki fungsi utama untuk mengatur fungsi-fungsi dasar dalam tubuh manusia. Otak tengah bertugas dalam memberikan impuls pada organ yang bekerja secara tidak sadar seperti mengatur denyut jantung yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Fungsi selanjutnya yaitu mengatur pernafasan, manusia hanya mampu menahan nafas maksimal sepuluh menit jadi dapat dibayangkan betapa pentingnya fungsi otak ini. Setiap harinya, ada makanan yang dikonsumsi oleh manusia nah otak tengah ini berfungsi untuk mengatur proses pencernaan manusia yang kerjanya tidak disadari langsung oleh manusia. Otak tengah juga berfungsi mengatur suhu tubuh agar tetap normal juga fungsi istimewa lainnya yaitu dalam pengaturan insting saat terjadi bahaya.

  • Otak Kecil

Walaupun namanya otak kecil, bagian otak yang satu ini mempunyai peran yang cukup besar dalam tubuh manusia. Otak kecil ini berfungsi dalam mengatur fungsi otomatis tubuh manusia seperti pergerakan otot yang biasanya menjadi salah satu respons dari datangnya impuls. Selain itu juga, otak kecil bertugas dalam hal posisi tubuh yang biasanya mengikuti lingkungan tempat tubuh berada. Sikap manusia pun ternyata diatur oleh bagian otak yang satu ini. Fungsi selanjutnya adalah mengatur keseimbangan tubuh manusia sehingga tidak jatuh saat melakukan aktivitas.

  • Sumsum Lanjutan

Bagian otak yang satu ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan otak bagian tengah dalam hal mengatur pernafasan. Selain itu juga berfungsi dalam hal pengaturan pernafasan sehingga manusia bisa terus bernafas melalui serangkaian organ yang bekerja sama dalam upaya pertukaran gas ini. Selain itu sumsum lanjutan juga berfungsi dalam hal pengaturan lebar pembuluh darah, apabila pembuluh darah hendak disempitkan maka sumsum lanjutan menjadi salah satu bagian otak yang bekerja. Pengaturan suhu tubuh dan denyut jantung pun menjadi salah satu kegunaan dari sumsum lanjutan yang penting bagi kehidupan manusia.

Ingin Memelihara Daya Ingat? Lakukan Gerakan-Gerakan Ini Secara Rutin

Salah satu fungsi otak yaitu dalam hal memori atau daya ingat. Fungsi otak yang satu ini bisa terjadi kelainan atau penyakit yang disebut dengan kepikunan. Umumnya manusia berusia lanjut yang terserang penyakit ini, namun kalangan muda dan dewasa pun bisa mengalami kepikunan. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan daya ingat guna mencegah terjadinya kepikunan. Ternyata ada beberapa latihan fisik yang dapat dilakukan untuk memelihara daya ingat, apa sajakkah gerakan-gerakan tersebut? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya!

BACA JUGA:Takut Ngemil Karena Sedang Diet? Lakukan Hal Ini!

  • Silang Tangan dan Angkat Salah Satu Tangan Ke Atas

Gerakan ini dapat Anda lakukan rutin di rumah yaitu dengan pandangan lurus ke depan kemudian langkahkan kaki kanan ke depan lalu tangan kiri memegang kaki kanan selanjutnya tangan kanan diangkat ke atas. Tubuh akan terasa diputar dan pinggang menjadi rileks.

  • Silang Tangan Sambil Membungkuk

Buka kaki Anda selebar bahu kemudian bungkukkan badan hingga tangan kanan mampu menyentuh jempol kaki sebelah kiri. Kemudian tangan kiri diangkat dan lakukan secara berulang untuk melatih koordinasi tangan dan kaki serta membuat punggung dan pinggang terasa lebih rileks.

  • Lompat Koordinasi Tangan dan Kaki

Buka kaki Anda selebar bahu kemudian letakkan tangan di pinggang. Setelah itu Anda melompat sambil mengangkat tangan ke atas kepala kemudian menurunkannya kembali ke pinggang secara bergantian.